Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya - Halo Bertemu Kembali Lagi Bersam Kami Soal Soal Sekolahan, Pada Artikel yang kami share kali ini dengan judul Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya, kali ini kami akan membagikan hal yang tentunya gratis dan bermanfaat untuk kalian semua dengan kategori Pada Artikel 2017/2018, Pada Artikel Garis Singgung, Pada Artikel Gradien, Pada Artikel Kelas 10|X, Pada Artikel KURIKULUM 2013, Pada Artikel MA, Pada Artikel Pembahasannya, Pada Artikel SMA, Pada Artikel Soal, Pada Artikel Ulangan Harian, yang kami posting ini semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. baiklah langsung saja, silahkan di simak.

Judul : Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya
link : Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya ini merupakan contoh soal terbaru yang akan saya bagikan bagi Bapak/Ibu yang mengampu mata pelajaran Matematika Kelas 10 SMA/MA yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Garis atau kurva yang saling bersinggungan mempunyai satu titik persekutuan yang disebut titik singgung. 

Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013

Sedangkan Gradien garis singgung merupakan turunan pertama dari sebuah fungsi. Pada garis singgung suatu kurva, diketahui satu titik yang dilalui yaitu titik singgung dan gradiennya dapat ditentukan dengan menggunakan turunan pertama fungsi kurva yang disinggung. Dengan demikian persamaan garis singgung kurva dapat kita tentukan dengan persamaan sebagai berikut:


Gradien dan persamaan garis singgung kurva merupakan salah satu bagian dari Bab Turunan. Jadi bahasan ini adalah lanjutan dari turunan atau differensial. Postingan ini akan membahas beberapa contoh soal gradien dan garis singgung yang dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa dalam menghadapi ulangan disekolah seperti ulangan harian, UTS, UAS, UKK, UN dan ulangan lainnya.

Nomor 1
Gradien garis singgung kurva y = 3x3 + 2x2 + x + 1 pada titik (0,1) adalah...
A. 1                  B. 2                         C. 5                             D. 7                           E. 14

Pembahasan:
y1 = 9x2 + 4x + 1
Ganti x = 0
y1 = 9 . 02 + 4 . 0 + 1
y1 = 1
Jawaban: A

Nomor 2
Jika garis y = x + 3 menyinggung kurva y = x2 – 3x + 7 maka koordinat titik singgungnya adalah...
A. (1,5)                B. (1,4)                    C. (1,3)                   D. (2,7)                      E. (2,5)

Pembahasan:
Gradien garis y = y1 = 1
Gradien kurva y1 = 2x – 3
Sehingga:
2x – 3 = 1
2x = 1 + 3 = 4
x = 4/2 = 2
y = x2 – 3x + 7 = 22 – 3 . 2 + 7
y = 5
Jadi titik singgung (2,5)
Jawaban: A

Untuk lebih lengkap, silakan klik tautan di bawah ini:


Sekian dulu Artikel Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Sekianlah artikel Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya kali ini,semoga bisa memberi manfaat untuk teman teman semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya, dan terimakasih telah membaca.

Anda sekarang membaca artikel Soal Ulangan Harian Tentang Gradien dan Persamaan Garis Singgung SMA/MA Kurikulum 2013 dan Pembahasannya dengan alamat link http://kumpulan-soal-sekolahan.blogspot.com/2017/09/soal-ulangan-harian-tentang-gradien-dan.html

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »